Amin Pilihan Paling Logis Rohmi

0
AKRAB. Keakraban Hj Sitti Rhmi dan H. M. Amin saat pembukaan Rakernas Pengurus Wilayah NW di Pancor beberapa waktu lalu.

KABARLOMBOK.COM – MATARAM. Pengamat politik IAIN Mataram, Agus memberikan analisa terkait rumor politik pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada NTB. Sosok Amin dikatakan paling siap dan matang sebagai calon Wakil Gubernur dibandingkan nama-nama yang beredar di tengah masyarakat NTB.

“Saya kira semua bakal calon (Balon) Gubernur NTB saat ini sedang menimbang pasangannya secara matang,” buka Agus menganalisa.

Empat bulan menjelang pendaftaran bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB akan terjadi perubahan komposisi. Agus melihat konstelasi politik menjelang pilgub sangat cair. Nama M. Amin menyeruak perlahan kepermukaan sebagai figur yang dilirik oleh sejumlah Calon Gubernur seperti TGH Ahyar Abduh, Dr Ali BD dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah.

Menanggapi dinamika politik NTB terutama dengan santernya nama Wakil Gubernur NTB H Moh. Amin mendapat catatan khusus dari Agus. Sosok Amin yang sarat pengalaman politik sewaktu jadi salah satu ikon Golkar NTB akan menjadi rebutan para kontestan Cagub. Setidaknya ada empat kelebihan Amin yang tidak dimiliki oleh bakal calon Wakil Gubernur lain saat ini.

“Amin ini incumbent, Ketua Partai Nasdem NTB, salah satu politisi senior NTB, memiliki rekam jejak politik maupun sosial yang relatif clear,” papar Agus.

Mantan anggota KPUD NTB ini mengaku tidak heran jika nama Amin selalu masuk dalam radar setiap calon gubernur yang akan berlaga pada Pilgub NTB. Hitung-hitungan dampak politik bagi cagub untuk meraup suara pemilih di NTB sangat bergantung pada profil pendamping.

Disinggung mengenai peluang cagub lain yang ada saat ini untuk mendapatkan Amin sebagai wakil mengarah ke nama Rohmi. Alasan yang dikemukakan oleh Agus yakni hubungan emosional Amin selaku Wakil Gubernur TGB Zainul Majdi yang terjaga baik sebagai nilai plus.

“Kita tidak pernah mendengar terjadi miss antara TGB sebagai gubernur dengan Amin sebagai wakilnya sampai akhir masa jabatan TGB-AMIN,” papar Agus memberikan alasan.

Lebih jauh Agus mengungkapkan, terjaganya hubungan baik antara TGB dan Amin memudahkan komunikasi politik dua tokoh NTB ini. Keyakinan Agus ini diperkuat dengan seringnya Amin diberikan tugas-tugas menemui masyarakat NTB pada kegiatan-kegiatan pemerintahan terutama ke basis NW seperti Pancor.

Terakhir beredar foto antara Amin dan Rohmi di media sosial yang terlihat akrab sewaktu Amin mewakili pembukaan Rakernas Pengurus Wilayah NW  di Pancor. Amin sendiri diminta tanggapannya terkait foto keakraban bersama Rohmi ini menanggapi dengan santai.

“Saya belum lihat foto itu, tapi kalau foto itu menimbulkan kesan positif ditengah masyarakat tentu itu hal harus disyukuri oleh semua,” komentar Amin singkat. (Mil)

LEAVE A REPLY