Ali BD : Mayoritas Pahlawan Kemerdekaan Berasal dari Pondok Pesantren

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Bupati Lombok Timur, H Moch. Ali BD menyebut sebagian besar Pahlawan perjuangan kemerdekaan republik indonesia berasal dari didikan pondok pesantren.

Hal itu diungkapkan Ali BD saat menggelar Syukuran yang dirangkaikan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah berbagai macam lomba, dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis, (17/8) bertempat di Pendopo Bupati Lombok Timur.

Ia juga mengungkapkan, untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan syukuran mengundang para tuan guru dan tokoh agama.

“Ini kita lakukan untuk mengingatkan kita dalam rangka kemerdekaan Republik Indonesia 72 tahun yang lalu. krena para tuan guru, alim ulama pondok pesantren tidak boleh di abaikan, hampir semua pahlawan atau sebagaian besar pahlawan berasal dari pondok-pondok pesantren, mereka menggunakan sarung, bambu runcing atau alat sederhana” ujarnya.

Demikian pula Bung Tomo lanjut Ali, yang menggelorakan semangat perjuangan tidak jauh dari kehidupan pondok pesantren, oleh sebab itu sudah sepantasnya setiap peringatan Peringatan 17 Agustus para Tuan Guru dan Para Ulama di undang untuk memperbaharui pengetahuan tentang sejarah kemerdekaan kita 72 tahun yang lalu.

Bupati yang belakangan akrab dengan nama Amaq Asrul inipun juga menyampaikan terima kasih yang setingi-tingginya atas partisipasi seluruh masyarakat Lombok Timur, bukan saja di sekitar kota Selong saja yang menyelenggarakan kegiatan seperti ini, namun dari tingkat Desa dan Kecamatan merata kemeriahanya dengan memasang bendera, mengecat pagar halaman dan membuat gapura, meskipun terjadi kemacetan lalu lintas di jalan namun masyarakat merasa gembira.

Turut hadir pada acara tersebut para Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lombok Timur, para Assisten, Staf Ahli, Pimpinan Dinas dan Badan Organisasi Perangkat Derah, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Organisasi Wanita dan Undangan lainya.

Pada kesemptan yang sama Bupati juga memberikan piagam Penghargaan dan piala kepada para pemenang Lomba Gerak jalan tepat waktu SKPD / Umum dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 72 RI, yang diterima secara simbolis oleh Kapolres Lombok Timur AKBP Wingky Adhityo Kusumo, S.IK sebagai peraih Juara I Lomba Gerak Jalan.

LEAVE A REPLY