Ali BD : Jumlah Nelayan Lotim Meningkat disebabkan Kurangnya Lahan di Sektor Pertanian

0

Jumlah Nelayan Lotim Meningkat disebabkan Kurangnya Lahan di Sektor Pertanian

Lombok Timur – kabarlombok.com
Bupati Lombok Timur Dr. HM. Ali bin Dahlan mengungkapkan, dalam beberapa tahun belakangan ini keterbatasan lahan di sektor pertanian di Lombok Timur membawa dampak yang signifikan terhadap betambahnya jumlah nelayan.

Sehingga dengan hal tersebut ada kecendeungan jumlah nelayan mengalami peningkatan (bertambah), dikarenakan keterbatasan sumber daya terutama lahan pertanian tersebut.
“Lombok Timur itu hanya 42% Kepala Keluarga yang memiliki lahan pertanian, ini menurut profil indonesia, dengan luas rata-rata 50 are, ini menunjukkan jumlah penduduk yang tidak memiliki pekerjaan pada sektor pertanian sangat besar” beber Ali (19/04).

Hal inilah, lanjutnya, yang mebuat sedikit demi sedikit mendorong masyarakat Lombok Timur untuk mencari mata pencaharian di laut menjadi nelayan musiman, dengan skill dan keterampilan maupun pengetahuan yang minim tentang dunia kelautan.
“kalau tidak musim tanam ini pergi melaut mencari ikan, tetapi jika tiba musim tanam mereka kembali bercocok tanam” tutupnya. (tur)

LEAVE A REPLY