5 Orang Pelaku Curas Ditangkap Aparat

0

 

Lombok Timur,
Tak sampai 24 Jam, Kamis kemarin (6/4/17), Sekitar pukul 12.00 Wita, Gabungan Tim Buser Sat. Reskrim dan Tim Elit Sabhara Polres Lotim berhasil menangkap 5 Orang Pelaku pencurian Dengan Kekerasan (curas) yang terjadi di Dusun Dasan Tereng Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia Kab. Lotim, pelaku juga diketahui sebagai pembobol ATM MANDIRI unit Selong Kab. Lotim yang dusertai dengan pembunuhan beberapa waktu lalu.

Hal ini berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/10/IV/2017/NTB/Res. Lotim/Sek. Sukamulia. Tanggal 06 April 2017. Tentang Tindak Pidana Pencurian dengan kekerasan dan LP/948/XI/2016/NTB/Res. Lotim. Tanggal 15 November 2016. Tentang Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Tersangka yang berhasil ditangkap petugas adalah SHD Als. Edi (19 Thn) alamat Dusun Pancor Manis Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia Kab. Lotim. Tersangka tersebut merupakan Eksekutor pada saat kejadian.

Tersakngka kedua adalah M. FS (22 Thn) Alamat Dusun Kebun Lauk Desa Masbagik, Kec. Masbagik Kab. Lotim yang juga berperan sebagai Eksekutor, berikutnya adalah MSLH Als. Sleh (32 Thn) Dusun Pancor Manis Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia Kab. Lotim yang bertindak sebagai orang menyuruh melakukan tidakan curas tersebut.

Berikutnya adalah SF (22 Thn) alamat Dusun Pancor Manis Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia Kab. Lotim, bertugas membuang barang bukti.

Dan terakhir SBRN (35 Thn) yang beralamat di Dusun Pancor Manis Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia Kab. Lotim, yang merupakan pemilik rumah tempat menampung barang bukti.

Kejadian terjadi di Kandang Ayam milik Lalu Supriadi Als. Mamiq Peri (50 Thn) di Dusun Gubuk Pekan Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia Kab. Lotim yang menyebabkan pemilik kandang saat ini masih kritis di rumah sakit.

Seorang korban juga meninggal dunia akibat aksi para tersangka ini, yaitu kejadian beberapa waktu lalu yang bertempat di ATM MANDIRI Jl. Pejanggik Lotim, korban diketahui bernama Nasruddin (51 Thn) yang beralamat di Kelurahan Pancor Lotim.

Adapun modus tersangka saat di TKP Kandang Ayam tersebut adalah pelaku yang berjumlahkan 6 Orang melakukan aksinya pada malam Hari dengan cara 3 Orang merusak Gerbang Kandang Ayam dan setelah di ketahui oleh penjaganya, salah satu dari pelaku langsung menebas korban di bagian telinga, kepala, punggung & lengan kiri hingga nyaris putus.

Sedangkan 3 Orang rekannya yang lain bertugas menyuruh melakukan, ada juga yg bertugas menghilangkan barang bukti dan sisanya bertugas menyiapkan tempat penampungan barang bukti. Para pelaku ini mengakui sebelum dan setelah melakukan aksinya mereka lebih dahulu melakukan pesta minuman keras.

Sedangkan saat di TKP Atm Bank Mandiri, Pelaku berjumlah 5 Orang, yang melakukan aksinya dengan cara 2 Orang masuk kedalam ATM untuk merusak Brankas ATM smentara 3 Orang lainnya berjaga-jaga diluar.
Saat mengetahui ada Orang yang lewat melintas di depan ATM, rekannya yang bertugas di luar memberitahukan rekannya yang berada di dalam ATM bahwa ada orang, kemudian rekannya yang di dalam keluar, karna aksinya sudah kepergok akhirnya salah satu di antara mereka menebas Korban dan menyebabkan Korban kritis hingga akhirnya meninggal dunia.

Kapolres Lombok Timur AKBP. Wingky Adhityo Kusumo, SIK melalui Kasubag Humas IPTU Made Tista menjelaskan, Para pelaku ini tangkap saat sedang pesta miras di di daerah Pancor manis Desa Dasan Lekong Kec. Sukamulia.
Saat dilakukan pengembangan pelaku memberontak melawan petugas sehingga dilakukan tembakan peringatan kearah udara sebanyak tiga kali namun tidak diindahkan sehingga untuk melumpuhkan dilakukanlah tembakan kearah kaki dan menembus betis para pelaku.
Beberapa barang bukti yang juga sudah diamankan antara lain 1 Buah Parang yang digunakan menebas korbannya di TKP Kandang Ayam, 1 Ekor ayam curian yang masih tersisa, 1 Unit Sepeda Motor Yang digunakan Beraksi, dan 1 Buah linggis yang digunakan untuk membobol ATM.

Dari penangkapan tersebut beberapa diantaranya masih diburu petugas.
“untuk TKP Kandang Ayam, 1 Orang rekan Pelaku masih belum tertangkap, sedangkan pelaku di TKP ATM Mandiri, 2 Orang rekan pelaku juga masih Buron” lanjut Tista.

Saat ini Pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polres Lotim guna pengembangan dan Proses hukum lebih lanjut. (tur)

LEAVE A REPLY