148 Napi Rutan Selong Dapat Remisi

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Dalam Rangka Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Ke 72 RI tahun 2017, diberikan Remisi Umum (RU-I) kepada Narapidana dan anak sebanyak 148  yang terdiri dari 83 orang menerima Remisi 1 bulan, 21 orang menerima Remisi 2 bulan, 41 orang menerima remisi 3 bulan, 3 orang menerima remisi 4 bulan dan yang mengikuti Program CB (Cuti Bersyarat dari Kemenkumham) sebanyak 8 orang, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Timur, Forkopimda Kab. Lotim, Kepala Rutan Selong beserta jajarannya, Kamis (17/8) bertempat di Aula Kantor Rutan Selong.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang dibacakn Wakil Bupati Lombok Timur, H. Haerul Warisin menyampaikan Kemerdekaan yang dinikmati dan dirasakan hari ini adalah hasil kerja keras dan jerih payah para pendahulu. Oleh sebab itu, ia mengajak untuk memaknai momentum Peringatan Kemerdekaan RI dengan sungguh-sungguh dan penuh penghayatan.

Pemberian Remisi terhadap narapidana dan anak lanjut Warisin, bukan semata-mata merupakan hak yang didapatkan dengan mudah dan bukan pula merupakan bentuk kelonggaran-kelonggaran agar para narapidana dapat segera bebas,  namun pemberian remisi merupakan suatu bentuk tanggungjawab untuk terus menerus memenuhi kewajiban untuk ikut dalam Pelaksanaan program pembinaan, mengurangi dampak negatif dari sub-kultur tempat pidana serta dapat juga menjadi sebuah stimulan dlm menghadapi deprivasi dan efek destruktif dari pidana perampasan Kemerdekaan.

Iapun mengucapkan selamat kepada seluruh Narapidana yang dapat remisi, sekaligus berpesan untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum.

“Kembalilah kepada keluarga dan jadilah anggota Masyarakt yang baik,  jadilah insan yang taat hukum” pesannya.

LEAVE A REPLY