101 Kades Terpilih Se-Lombok Timur Akan dilantik Besok

0

kabarlombok.com | Lombok Timur

Pemilihan Kepala Desa Serentak sebagai amanat Undang-undang nomor 6 tahun 2014 telah dilaksanakan sejak 2016. Pada tahun 2017 Pemerintah Lombok Timur kembali menggelar Pilkades serentak pada 13 Desember yang diikuti 158 Desa di 19 Kecamatan dengan tak kurang dari 500 orang kontestan. Pilkades ini berjalan aman dan kondusif berkat dukungan masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya, seperti TNI dan Polri.

Desa yang mengikuti Pilkades serentak ini adalah kepala desa yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2018. Sebanyak 101 orang Kepala Desa yang masa jabatannya berakhir sampai bulan Juni 2018 termasuk empat orang yang berakhir pada Juli 2018 akan dilantik esok hari, Kamis 8 Februari 2018. Pelantikan Kepala Desa ini akan dilaksanakan di Gedung Pemuda dan Mahasiswa Lombok Timur. Sedangkan Kepala Desa terpilih lainnya akan dilantik pada tahap berikutnya.

Acara Pelantikan Kepala Desa ini didahului dengan peresmian Gedung Pemuda dan Mahasiswa Lombok Timur serta Monumen Juang yang terdapat di halaman gedung tersebut oleh Bupati Lombok Timur Ali bin Dachlan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Lombok Timur, Ahmad Subhan menjelaskan Gedung Pemuda dan Mahasiswa yang dibangun dengan nilai RP. 6, 234 Milyar melalui dokumen penganggaran Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lombok Timur tahun anggaran 2017 ini, merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah kabupaten Lombok Timur terhadap pengembangan Kepemudaan di daerah ini. Gedung Pemuda dan Mahasiswa ini sebelumnya disebut Gedung Juang, sehingga dibangun Monumen Juang untuk mengenang peristiwa penyerangan markas Tentara NICA, di mana dalam peristiwa tersebut tiga orang pejuang Laskar Rakyat yaitu Sayid Saleh, H. Moh. Faisal dan Abdullah. Ketiganya adalah pemuda pejuang yang telah mengorbankan jiwa raganya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Jiwa semangat perjuangan para syuhada ini diharapkan Bupati Ali BD dapat menjadi suri tauladan bagi generasi penerus untuk dilestarikan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan,” ungkap Subhan di sela-sela persiapan acara di Selong. (07/02)

Pelantikan Kepala Desa ini akan dihadiri Forkopimda, Veteran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, Kepala OPD lingkup Pemda Lotim, dan masing-masing desa sebanyak 12 orang terdiri dari Kepala desa yang dilantik, istri, dan 10 undangan lainnya, dengan total undangan seluruhnya 1300 orang, di luar massa yang mengantar Kepala Desa yang akan dilantik.

Untuk lancar dan amannya acara ini dilibatkan pula tim pengamanan dari unsur TNI dan Polri.

LEAVE A REPLY